9/14/2014

Mengenal Jenis Jenis Burung Decu

Untuk mengenal lebih jauh tentang Jenis Jenis Burung Decu berikut ini akan saya bagikan foto dan informasi tentang burung yang memiliki kicauan sangat merdu tersebut. Secara garis besar perlu saya jelaskan bila burung Decu merupakan burung pemakan serangga dari jenis Flycather. Adapun jenis burung decu yang paling populer adalah Decu Belang atau disebut juga dengan burung kacer mini.

Jenis Jenis Burung Decu

Burung Decu Batu

Burung Decu Batu merupakan spesies baru yang ditemukan di Indonesia, namun burung ini bukanlah burung asli Indonesia, sebab burung ini ditemukan hanya di pulau Nias - Sumatera Utara. dan menurut penelusuran ternyata burung ini termasuk burung migran, adapun negara aslinya adalah negara Eropa dan Asia Baratdaya.

Decu Belang

Burung Decu Belang Meski banyak dijumpai di Indonesia, decu tidak termasuk sebagai burung endemik di negeri ini. Sebab wilayah persebaran burung ini cukup luas, mulai dari Asia Barat, Asia Tengah, Asia Selatan, hingga Asia Tenggara Indonesia. Jika dipetakan, habitatnya tersebar dari Transcaspia, Afghanistan, Persia, India, Myanmar, Filipina, dan Indonesia (terutama Jawa).

Decu Timor, Sesuai dengan namanya burung ini ditemukan di kepulauan Timor,  mulai dari Timor Barat hingga Timor Leste. Meski status konservasinya berdasarkan IUCN Red List tidak terlalu mengkhawatirkan / Least Concern (LC), Birdlife justru memasukkannya sebagai spesies burung yang hampir terancam, karena wilayah persebarannya sangat terbatas, dengan populasi yang cukup kecil dan terfragmentasi.


Secara umum untuk membedakan Jenis Burung Decu Jantan dan Betina sangatlah mudah, karena burung decu jantan memiliki bulu yang lebih terang dan kontras, sedangkan yang betina bulunya tampak lebih kusam dengan warna yang sedikit kecoklatan.


No comments:

Post a Comment