3/19/2014

Burung Cucak Jenggot yang Jambul

Burung Cucak Jenggot adalah jenis burung pemaster yang handal, sangat tepat untuk masteran burung berkicau lainnya, padahal sebuah tabloid pecinta burung tanah air pernah meliput burung Cucak Jenggot di Malaysia bisa berharga lebih dari 100 juta. Pemaster yang baik, mudah dalam perawatan dan termasuk burung yang unik sehingga burung ini banyak dipelihara oleh pecinta burung. 


Cucak Jenggot atau yang memiliki nama latin Alophoxius Bres (Grey-Cheeked bulbul) dalam bahasa Inggris) merupakan keluarga dari Pycnonotidae. Burung pemakan buah ini memiliki suara besetan yang cukup khas dan sering disertai dengan tembakan, baik itu cucak jenggot jantan maupun cucak jenggot betina. Meski oleh sebagian kicau mania cucak jenggot sering di anggap sebagai burung master, namun dalam perkembanganya, cucak jenggot bisa juga dijadikan sebagai maskot dan bahkan dimaster oleh burung lain, terutama cucak jenggot jantan.
 
Habitat Asli Cucak Jenggot
Burung ini penyebarannya luas meliputi Asia dan Afrika. Lebih menyukai hidup dipepohonan , sebagian bahkan hidup berkelompok dan membuat sarang berbentuk mangkuk yang tidak rapi. Suku pycnonotide ini terdiri dari cucak, merbah, empuloh dan brinji.
Perbedaan jantan dan betina
Burung Cucak Jenggot Jantan
1. Dilihat dari bentuk tubuh lebih simetris baik dari kepala,  punggung ataupun ekor.
2. Pada warna cucak jenggot jantan warna dada lebih banyak didominasi warna kuning.
3. Perhatikan pada suaranya, jika suara burung variatif dan tidak monoton itu kemungkinan jantan.
4. Jika diadu dengan burung cucak jenggot lain tidak ngleper (menggetarkan sayap).
5. Bulu di dagu (jenggot) tampak lebih jelas menyerupai jenggot
Burung Cucak Jenggot Betina
1. Dilihat dari bentuk tubuhnya tidak simetris.
2. Pada warna dada lebih banyak didominasi warna putih dibanding warna kuning.
3. Suara kicauannya cenderung monoton.
4. Sayapnya akan ngleper jika diadu dengan cucak jenggot jantan.
5. Bulu di dagu (jenggot) tampak kurang jelas menyerupai jenggot.
Makanan Cucak Jenggot
1. Voer (sebaiknya pilih yang berkadar protein sedang yaitu: 12%-18%, belum tentu Voer yang berharga mahal akan cocok dengan sistem metabolisme setiap burung Cucak Jenggot. Voer harus selalu tersedia didalam cepuknya. Selalu ganti dengan Voer yang baru setiap dua hari sekali.
2. Buah Segar, burung Cucak Jenggot sangat menyukai buah Pepaya, Pisang Kepok Putih, Apel, Pir, Tomat dan beberapa buah lainnya. Sebaiknya perbanyak pemberian buah Pepaya, karena buah Pepaya mengandung Vitamin C yang tinggi sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Disamping itu, buah Pepaya sangat mudah dicerna dan sangat cocok dengan sistem metabolisme rata-rata burung pemakan buah.
 
Cara Merawat burung cucak jenggot ini tidaklah jauh berbeda dengan jenis burung kicauan lainnya, seperti pemberian mandi dan jemur yang cukup, pemberian makan yang bergizi serta pemberian Ekstra Fooding yang harus rutin diberikan setiap harinya termasuk buah-buahan dan serangga.
 

No comments:

Post a Comment