4/17/2014

Burung Kolibri Penghisap Madu

Burung Penghisap Madu sangat beragam jenisnya, salah satu dari sekian banyak jenis burung pemakan nektar bunga itu adalah bernama Kolibri. Apa pun jenis burung pemakan madu adalah burung yang dilindungi sehingga burung ini lebih baik di biarkan hidup di alam memakan nektar bunga dan menjadi burung yang cantik di alam meskipun berukuran kecil.



Kolibri adalah kelompok burung kecil, dan salah satu jenis kolibri terkecil di dunia yang pernah ditemukan adalah Kolibri lebah. Mereka dapat melayang-layang di udara dengan mengepakkan sayapnya 12-90 kali per detik (tergantung dari spesies). Mereka juga dapat terbang mundur, dan merupakan satu-satunya kelompok burung yang bisa melakukan hal itu.  
 
Kolibri dapat terbang dengan kecepatan lebih dari 15 m/ detik (54 km / jam, 34 mil / jam). Seperti burung pemakan nektar lainnya dan tidak seperti burung-burung jenis lain, kolibri minum dengan menggunakan protrusible berlekuk atau palung-seperti lidah. Kolibri tidak menghabiskan sepanjang harinya dengan terbang, karena akan menyedot banyak energi, dan sebagian besar kegiatan mereka hanya duduk atau bertengger. Kolibri harus banyak makan, dan mereka makan banyak invertebrata kecil dalam makan nektar dalam jumlah lima kali berat badan mereka sendiri dalam sehari. Mereka menghabiskan rata-rata 10-15% dari waktu mereka untuk makan dan 75-80% untuk bertengger dan mencerna makanan.
 
 
Makanan
Kolibri minum nektar, cairan manis di dalam bunga. Seperti lebah, mereka mampu menilai jumlah gula dalam nektar yang mereka makan; mereka tidak mendekati jenis bunga yang menghasilkan madu yang kadar gulanya kurang dari 10% dan lebih menyukai bunga dengan kadar gula yang tinggi. Nektar adalah sumber makanan yang miskin nutrisi, sehingga kolibri memenuhi kebutuhan protein, asam amino, vitamin, mineral, dll dengan makan serangga dan laba-laba, terutama ketika mereka memberi makan anak-anaknya.
 
Perawatan
Kolibri termasuk jenis burung yang mudah stress , terutama jika dipelihara dalam jangka panjang. Sebab makanan utamanya adalah nektar atau sari bunga. Di alam bebas, burung ini mampu makan sebanyak 5-15 kali sehari, dan porsi makanannya pun bisa melebihi berat badannya.
Untuk perawatan harian, Anda bisa menyediakan air gula sebagai pakan utamanya. Sedangkan untuk kebutuhan nutrisi harus disediakan kroto setiap hari. Kroto ini sebaiknya sudah ditetesi dengan vitamin agar burung tetap dalam kondisi fit. Jika burung sudah mau menyantap makanan olahan seperti voer, Anda bisa memberikan voer dalam wadah terpisah setiap harinya
 

3 comments:

  1. menyenangkan untuk membaca artikel di website ini dan akan sering mengunjungi, saya harap Anda dapat mengunjungi website pakar seo, terima kasih

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas kunjungan sobat sekalian,sering kunjungi Mr Kicau untuk mendapatkan info terbaru tentang tips merawat burung berkicau.

    ReplyDelete