3/24/2014

Burung Decu atau Kacer Mini

Tampilan dan warna burung Decu memang sangat mirip dengan Burung Kacer, namun karena bertubuh mungil maka tak salah bila Decu disebut juga dengan Kacer Mini. Burung Decu, atau sering disebut Decu Belang (Saxicola caprata), selain memiliki kicauan merdu, lagu bervariasi, dan volume suara yang lumayan kencang, jenis burung ini juga mampu menirukan beberapa suara burung lain sehingga dapat menambah variasi lagunya.





Ciri khas burung Decu adalah sering memainkan ekornya naik-turun,  sama seperti burung ciung batu. Jenis burung ini terkenal dengan kepandaiannya dan termasuk salah satu burung fighter (petarung) seperti halnya murai batu dan tledekan juga burung kacer.


Habitat Burung Decu, Meski banyak dijumpai di Indonesia, decu tidak termasuk sebagai burung endemik di negeri ini. Sebab wilayah persebaran burung ini cukup luas, mulai dari Asia Barat, Asia Tengah, Asia Selatan, hingga Asia Tenggara Indonesia. Jika dipetakan, habitatnya tersebar dari Transcaspia, Afghanistan, Persia, India, Myanmar, Filipina, dan Indonesia (terutama Jawa) 

Cara Membedakan Decu Jantan dan betina
Untuk membedakan jenis kelamin burung decu relatif mudah, bahkan orang awam pun dapat mengetahuinya karena bisa diamati dari warna bulunya. Burung jantan memiliki warna bulu hitam, kecuali bagian bawah ekornya yang berwarna putih serta semburat warna putih di bagian sayapnya. Adapun warna bulu pada burung betina berwarna cokelat kusam. 

Makanan utama burung decu dialam adalah segala jenis serangga, sedangkan dalam  perawatan manusia dapat juga diberikan Voer sebagai makanan utama, sedangkan jenis serangga dijadikan sebagai Extra food atau makanan tambahan. Beberapa EF yang dapat diberikan adalah : Jangkrik, UK, Kroto, UK, Cacing Tanah dan Ulat Bambu.

Perawatan burung decu nyaris tak beda jauh dengan burung kicauan lainnya, agar burung decu semakin rajin berkicau maka perawatan yang rutin dan konsisten adalah kunci utamanya. mrkicau
 

No comments:

Post a Comment