4/02/2014

Pesona Burung Manyar

Burung Manyar merupakan salah satu burung yang memiliki keistimewaan diantara sekian banyak burung jenis pemakan biji-bjian. kemampuan itu adalah ilmu dan skill yang dimilikinya dalam merajut atau mengayam rumput menjadi sarang yang indah, unik dan kokoh menahan beban burung dan anakannya di pucuk pohon. Mereka juga hidup bergerombol yang  menandakan mereka adalah burung sosial yang gemar membuat sarang bersama secara bergotong royong disaat musim reproduksi.



Burung Manyar banyak hidup di padang rumput, area kebun dan persawahan, mereka memakan biji-bijian rumput dan pada milik petani. Burung manyar memiliki pesona yang indah dari segi kemampuannya merangkai rumput menjadi sarang dan pesona warna bulu yang indah pada mahkotanya.


Burung Manyar kerap membuat sarang dalam satu pohon terdiri banyak sarang, sehingga mereka tampak seperti membuat apartemen manyar yang bergelantungan di ujung dahan pohon. Mereka hidup bergerombol dalam membuat sarang, adapun burung yang membuat sarang adalah burung jantan, sedangkan betina tinggal memilih rumah atau sarang mana yang indah dan aman menurutnya. 

Bila sarang yang dibuat oleh pejantan cukup aman dan indah maka burung betina bersedia di kawin oleh si jantan, namun demikian karena si jantan memiliki kemampun membuat sarang yang banyak dan indah maka burung jantan biasanya juga akan mengawini betina lainnya. Sehingga dibalik kemampuannya yang unik dalam merajut sarang, memilih rumput yang sesuai sehingga aman untuk sarang ternyata burung manyar termasuk Burung Playboy.

Burung Manyar Jantan termasuk pekerja keras dan ulet sehingga dengan penuh kesabaran dia akan merajut rumput menjadi sarang yang belum tentu dapat dibuat oleh manusia yang sombong dan berkata paling cerdas di muka bumi ini. Padahal Allah SWT telah memberikan kapasitass masing2 pada makhluk hidup ciptaannya termasuk burung manyar yang diberi kemampuan memilih serat rumput dan merajutnya menjadi sarang yang bagus.

No comments:

Post a Comment