4/17/2014

Jenis Jenis Burung Kolibri Penghisap Madu

Jenis Jenis Burung Kolibri yang populer maupun tidak dikenal  oleh kita sangat beragam, untuk melengkapi ilmu perburungan kita, kali ini Mr Kicau ingin menyampaikan jenis dan gambar anekajenis burung kolibri yang suka menghisap madu.


1.Kolibri Sepah Raja
Biasanya terlihat sendirian atau berpasangan, mengunjungi pohon dadap atau pohon berbunga lain yang mirip di tepi hutan atau perkebunan.
 
2.Kolibri Tasik
Lebih menyukai kawasan pinggir hutan, tempat terbuka, dan habitat pinggiran lain, termasuk perkebunan karet. Biasanya hidup sendirian atau berpasangan.
3.Kolibri Kelapa
Dikenal sebagai penetap, baik di pekarangan terbuka, perkebunan kelapa, semak pantai, dan hutan mangrove. Bersifat teritorial secara agresif, mengusir burung-madu lainnya dari pohon atau sumber makanan yang disukainya.
 
4.Kolibri Jawa
Hidup berpasangan, agak ribut. Tinggal pada tajuk atas, sering mengunjungi bunga benalu. Hati-hati burung ini mirip dengan burung Cabe Jawa.
 
5.Kolibri Gunung
Terbang sendirian, berpasangan, atau dalam kelompok kecil, biasanya tidak jauh di atas kaki gunung. Senang mendatangi pohon-pohon yang sedang berbunga dan tumbuhan merambat di hutan lebat, hutan bekas tebangan, atau pinggir hutan.
 
6.Kolibri Wulung
Hidup sendirian atau berpasangan, atau terkadang bergabung dengan jenis burung lain. Lebih menyukai pinggir hutan, tumbuhan bawah, perkebunan kelapa, dan hutan cemara, dan mencari serbuk sari untuk dimakan.
 
7.Kolibri Hitam
Hidup di hutan mangrove, kebun kelapa di pantai atau tegakan cemara. Terbang dengan tukikan yang keras.
8.Kolibri Sriganti
 
Disebut juga dengan Sogok Ontong. Burung ini suka ribut. Hidup dalam kelompok kecil, berpindah-pindah dari satu pohon /  semak berbunga ke pohon / semak lainnya. Burung jantan terkadang kejar-kejaran mondar-mandir dengan galak. Senang mengunjungi pekarangan, semak pantai, dan hutan mangrove, atau mendatangi bunga loranthus, morinda, pohon pepaya, dan lain-lain.
 
9.Kolibri Lebah
 
Kolibri jenis ini endemik dari negara Kuba. Beratnya tidak lebih dari 1,8 gr dan panjangnya 5cm. Burung ini dapat mengepakkan sayapnya 80 kali per detik.

Dengan mengetahui jenis jenis burung kolibri diatas semoga menjadikan kita semakin memahami keanekaragaman hayati burung yang ada di Indonesia.

No comments:

Post a Comment